deskripsi gambar

MUI : Ajaran Islam tidak Membenarkan Membinasakan Hewan Sekecil Semut dengan Dibakar Apalagi Manusia

On Agustus 10, 2017 with No comments

Ekposnews.com - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin ikut berkomentar terkait aksi pengeroyokan dan pembakaran hidup-hidup Muhammad Alzahra alias Zoya yang dituduh mencuri amplifier Mushalla Al Hidayat di Hurip Jaya, Babelan, Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Ma’ruf ajaran Islam tidak membenarkan menghukum maling dengan cara dibakar hidup-hidup. Bahkan, hewan sekecil semut pun, kata dia, tak boleh dibinasakan dengan cara dibakar.

“Dalam ajaran Islam, jangankan manusia, semut saja tak boleh dibakar,” kata Ma’ruf di Kabupaten Bangkalan, Rabu (9/8/2017).

Makruf mengatakan, yang berhak memvonis seorang pencuri bersalah atau tidak adalah pengadilan. Karena itu, ia meminta bila warga menangkap pelaku kejahatan untuk menyerahkan langsung kepada penegak hukum. Untuk kemudian diproses oleh pengadilan.

“Sekalipun ada benda yang dianggap bukti, belum tentu bersalah. Biarlah pengadilan yang memvonis bersalah atau tidak berdasarkan bukti yang ada,” ujar dia.

Dia berharap kasus di Bekasi jadi pelajaran bagi masyarakat agar tak mudah diprovokasi oleh kelompok manapun untuk berbuat anarkis.

“Kalau ada yang memprovokasi masyarakat harus bisa menahan diri, bersikaplah manusiawi,” ungkap Ma’ruf.


Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »