deskripsi gambar

Ratusan Masa Datangi Polres Merangin Tuntut Azhari Dibebaskan

On Januari 30, 2018 with No comments

Ekposnews.com - Ratusan masa yang mengatas namakan dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Merangin menggelar aksi solidaritas di depan Mapolres Merangin, atas ditanggkapnya beberapa anggota dan Ketua DPC SPI Merangin.

Masa yang berkumpul di Biduk Amo, Ujung Tanjung sekitar pukul 11.00 WIB mulai kompoi menggunkan Sepeda Motor, Minibus dan Truck menuju Mapolres Merangin sekitar 350 orang.

Sesampai didepan halaman Mapolres, orator langsung menyampaikan tuntutannya yaitu pembebasan ketua DPC SPI Merangin.

"Pada hari kami menggelar aksi solidaritas hadir juga rekan kami dari SPI Tebo, SPI Muaro Jambi, kami tidak akan pulang sebelum ketua kami Azhari dibebaskan,” ujar salah satu orator.

Puas berorasi lima orang perwakilan dari SPI diajak masuk keruangan Mapolres Merangin untuk dilakukan Mediasi antara pihak SPI, perwakilan Pemerintah Daerah, Kapolres Merangin, DPRD Merangin, Kejari Merangin, Dandim 0420 Sarko dan Pihak TNKS serta perwakilan SPI 

Perwakilan pemerintah Daerah langsung dihadiri oleh Bupati Merangin, yang dalam mediasi tersebut menegaskan meminta kepada pihak Kepolisian untu menegakkan proses hukum dan untuk proses kependudukan akan diakomodir pemerintah selama memenuhi syarat.

“Saya tegaskan untuk proses hukum harus ditegakkan meskipun berdasarkan informasi salah satu dari yang amankan oleh aparat adalah keluarga saya sendiri, sedangkan untuk adminitrasi kependudukan Pemerintah Daerah terbuka selama memenuhi syarat dan mau ikut aturan,” ujar Bupati.

Sementara Kapolres Merangin, AKBP I Kade Utama Wijaya,SIK,MH dalam kesempatan pada mediasi tersebut mengatakan proses hukum tetap dilanjutkan dan sudah diambil alih langsung pihak Polda Jambi dan meminta kepada DPC SPI Merangin untuk memverifikasi kembali data anggota dari SPI ini dan pendaatan di kebangpol harus dilengkapi.

“Saya pinta apapun keputusan dari pihak Polda Jambi atas status saudara Azhari terbukti atau tidaknya harus bisa kita terima bersama, dan saya tegaskan juga DPC SPI Merangin harus memverifikasi ulang anggota dan admistrasi di Kesbangpol harus dilengkapi,” tegas Kapolres Merangin.

Sementara perwakilan dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) SPI Jambi, Sarwadi Sukiman, mengatakan akan menunggu hasil dari Polda Jambi mengenai status dari Ketua DPC SPI Merangin, Ahmad Azhari, dan berjanji akan membenahi organisasi yang dikomadoinya di wilayah Jambi.

"Kami akan tunggu hasil proses hukum dari saudara kami Ahmad Azhari dari pihak Polda Jambi, untuk SPI Merangin dalam waktu dekat saya akan lakukan pendataan anggota dan melaporkan status kami ke Kesbangpol," ujar Sarwadi Sukirman.

Selesai Mediasi sekitar pukul 17.00 WIB Sukardi Sukiman menarik masa yang dikomadoinya dengan mengatakan beberapa hasil dari mediasi dan janji pihak pemerintah Daerah maupun pihak Polres Merangin untuk menyelesaikan konflik sosial ini sampai ke akar-akarnya.

“Kita hari ini pulang terlebih dahulu, dalam waktu dekat sesuai janji Pemerintah Daerah dan Penegak Hukum akan memfasilitasi penyeleasikan konflik sosial yang terjadi hari ini, sementara untuk rekan kita Ahmad Azhari kita tunggu waktu tambahan selama 3 hari untuk menetapkan statusnya,” ujar Sukardi Sukiman meyampaikan keapda ratusan masa.

Selama Aksi unras dilakukan pengamanan oleh ratusan personil gabungan Polres Merangin dan Polsek Jajaran, Brimob Jambi, Brimob Den B Pamenang  dan Kodim 0420 sarko.

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »