deskripsi gambar

Pesantren Ubay bin Ka'ab Gandeng Polri Gelar Tabligh Akbar sekaligus Deklarasi menolak Radikalisme dan Terorisme

On Mei 13, 2018 with No comments


Ekposnews.com - Pondok Pesantren (Ponpes) Ubay bin Ka'ab merupakan satu-satunya pondok pesantren bagi penghafal Qur’an yang berada di tengah-tengah Kota Jambi. Ponpes yang berada di dekat lapangan golf Jambi ini merupakan pondok pesantren yang menggratiskan semua biaya bagi para santri. Namun keberadaan ponpes ini mulai terusik sejak berhembusnya isu yang berkembang di masyarakat bahwa Ponpes ini dikait-kaitkan dengan kegiatan teroris.

Untuk itulah Pondok pesantren Ubay bin Ka'ab menggandeng Polri dalam hal ini Polda Jambi, pada hari ini, Minggu (13/5/2018) menggelar Tabligh Akbar sekaligus melakukan Deklarasi menolak Radikalisme dan Terorisme, serta siap mensukseskan pilkada 2018 dan Pilpres 2019 yang aman dan kondusif.

Tabligh Akbar yang berlangsung di Masjid Ubay bin Ka'ab Kawasan Telanai Pura ini dihadiri ribuan jama'ah, sebagai narasumber adalah Wakapolda Jambi Kombes Pol Drs Ahmad Haydar SH, MM dan sebagai penceramah adalah Ustadz Abu Salma, Lc  yang juga sebagai Pimpinan Ponpes Ubay bin Ka'ab.

Tampak hadir dalam acara tersebut diantaranya Kabid Dokkes Polda Jambi AKBP dr Wasis Murjito, Karumkit RS Bhayangkara Jambi dr. H. M. El Yandiko, Sp.An, Kasubbintibluh Dit Binmas Polda Jambi AKBP Moch Rivai dan Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Jambi Kompol Waras Sundari.

Diluar acara Tabligh Akbar, tampak kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada santri Pondok pesantren Ubay bin Ka'ab yang dilakukan oleh Satgas Nusantara Polda Jambi  yang dimotori oleh Bid Dokkes Polda Jambi dan RS Bhayangkara Jambi dengan thema Safari Jantung Sehat.

Karumkit Bhayangkara Jambi AKBP dr. H. M. El Yandiko, Sp.An saat dikonfirmasi mengatakan kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada santri Pondok pesantren Ubay bin Ka'ab dengan thema Safari Jantung Sehat dilakukan dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke 72.

Sekitar pukul 09.00 Wib, Wakapolda Jambi  Kombes Pol Drs Ahmad Haydar SH, MM tiba di Ponpes dan disambut hangat oleh pimpinan Ponpes Ubay bin Ka'ab Ustadz Abu Salma, Lc beserta para pengurus.

Usai melakukan ramah tamah di kantor Pimpinan Ponpes Ubay bin Ka'ab, Wakapolda Jambi bersama pengurus Ponpes kemudian menuju Mesjid Ubay bin Ka'ab untuk mengikuti Tabligh Akbar.

Pembukaan acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh hafidz quran cilik yang merupakan santri dari Ponpes Ubay bin Ka'ab.

Wakapolda Jambi Kombes Pol Drs Ahmad Haydar SH, MM dalam sambutannya menjelaskan tentang terorisme yang terjadi di Indonesia yang dulu sasarannya orang bule, dan mereka beranggapan akan mendapatkan pahala, kemudian makin kesini karena kegiatannya selalu digagalkan oleh kepolisian maka polisi jadi sasaran.


“Saya minta kepada para santri sekalian, kita tegakkan ajaran-ajaran  agama islam yang baik, kita lakukan syiar islam, itu yang lebih baik, karena tujuan islam itu rahmatan lil alamin,” ucap Wakapolda Jambi.

Wakapolda Jambi juga menyebut ketika Polisi menangkap pelaku teroris, dipikir mereka, polisi itu anti islam, polisi juga mayoritas muslim dan karena kebetulan pelaku beragama islam.

Wakapolda secara pribadi menyatakan kalau mereka salah ya salah dan jangan disamaratakan, Wakapolda Jambi juga menghimbau kepada para santri untuk tidak menyebarkan gambar korban kejadian teror bom di Surabaya yang hari ini terjadi.

Banyaknya kejadian mengenai radikalisme yang berhubungan dengan kejadian –kejadian peledakan belakangan ini, Wakapolda mengajak masyarakat untuk membentengi diri sendiri terlebih dahulu dengan kembali kepada Aqidah Islam yang sesungguhnya.

“Semua masyarakat bisa menjaga Negara Indonesia salah satunya seperti tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, alim ulama, para kyai dan yang lainnya bukan terorisme, mereka itu hanyalah perusak,” tegasnya.

Ia meyakini dengan adanya kegiatan tabligh akbar ini, Ponpes Ubay Bin Ka’ab bisa bekerja sama dengan Polri melaksanakan anti radikalisme dan terorisme. Selain itu juga acara ini juga bertujuan untuk Pilkada aman dan damai.
Selanjutnya kegiatan diisi tausyiah oleh pimpinan Ponpes Ubay bin Ka'ab Ustadz Abu Salma, Lc.

Usai memberikan tausiyah, pimpinan pondok pesantren Ubay bin Ka'ab Ustadz Abu Salma, Lc. Melakukan Deklarasi menolak Radikalisme dan Terorisme, serta siap mensukseskan pilkada 2018 dan Pilpres 2019 yang aman dan kondusif dihadapan para santri, Wakapolda  Jambi beserta Pejabat Utama Polda Jambi, Pejabat TNI dan Pemerintah Kota Jambi.

Inilah Deklarasi yang diucapkan oleh Pimpinan pondok pesantren Ubay Bin Ka'ab :
Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim kami keluarga besar ponpes Ubay bin Ka'ab menyatakan.
1. Pesantren  Ubay bin Ka'ab Menolak dengan tegas paham radikalisme dan terorisme karena tidak sesuai dengan ajaran islam dan dijauhi oleh Pancasila;
2. Pesantren  Ubay bin Ka'ab bersinergi dengan dan membangun kerjasama dengan Polri dan Pemerintah demi menjaga situasi kamtibmas yang kondusif untuk mensukseskan pilkada 2018 dan Pilpres 2019 yang aman dan damai;
3. Pesantren  Ubay bin Ka'ab mengajak seluruh elemen masyarakat dan bangsa untuk bersama sama menyejukan suasana dan mempererat simpul kebangsaaan serta menjaga persatuan dan kesatuan
Jambi, 13 Mei 2018
Pesantren Ubay bin Ka'ab.(*)


Penulis Lilik Adhi

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »