deskripsi gambar

Kapolda Jambi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Mapolda Jambi

On Juni 04, 2018 with No comments


Ekposnews.com - Pagi tadi Kepolisian Daerah ( Polda ) Jambi melaksanakan upacara untuk memperingati hari lahir Pancasila di Lapangan Upacara Mapolda Jambi, Kamis (1/6/2017) pukul 08.00 Wib.

Dengan cuaca mendung, Kapolda Jambi Brigjen Pol Drs Muchlis AS, MH memimpin jalannya upacara dan upacara dihadiri oleh Wakapolda Jambi Kombes Pol Drs Ahmad Haydar SH,MH, Irwasda Polda Jambi Kombes Pol Drs Harry Nartanto, Para Pejabat Utama Polda Jambi, para Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan ASN Polda Jambi sebagai peserta upacara.

Dalam sambutan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, yang dibacakan oleh Kapolda Jambi, menyampaikan bahwa Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat indonesia. 

Sesungguhnya Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada Kita, melalui perenungan,
pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para Founding Father Indonesia. pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.


Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang
duduk bersama untuk menetapkan pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi dibangunnya indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita.


"Pada peringatan hari lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi. saudara-saudara sebangsa dan setanah air," ujar Kapolda Jambi.

Sebagai bangsa yang majemuk YANG terdiri dari 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar bernegara.

“Pengentasan kemiskinan, pemerataan, kesejahteraan dan berbagai program lainnya, menjadi bagian dari integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila. Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. 

Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahu membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila. Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan diantara kita” tambah Kapolda Jambi.

“Selamat hari lahir pancasila, kita Indonesia, kita Pancasila. semua anda Indonesia, semua anda Pancasila. saya Indonesia, saya Pancasila”. Tutup Kapolda Jambi.

Usai Upacara,  kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dengan Pejabat Utama Polda Jambi.

Selama berlangsungnya upacara, seluruh peserta Upacara melaksanakan dengan khidmat dan dapat merasakan Keberagaman Kebhineka Tunggal Ika-an dari Sabang sampai Merauke yang ditandai dengan pelaksanaan Upacara secara serentak seluruh jajaran Indonesia dalam memperingati hari lahir pancasila pada tanggal 1 Juni 2017 pagi tadi.








Penulis Lilik Adhi

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »